FUNGSI LOGIKA


FUNGSI LOGIKA (AND, OR, NOT) PADA MICROSOFT EXCEL
                        Pada pembahasan blog kali ini, saya akan membahas mengenai fungsi logika IF, AND, OR, NOT. Secara harafiah IF artinya adalah jika. Suatu pernyataan “Jika” pasti diikuti dengan suatu syarat. Misalnya penerapan fungsi logika memerlukan adanya pernyataan (syarat atau tes logika) dengan salah saty operatos relasi =, <, >, <=, >= dan < >. Tes logika  dapat dikembangkan dengan menambahkan salah satu fungsi AND, OR, NOT.
1.      Fungsi Rumus AND
Jika semua argument menghasilkan nilai benar maka fungsi ini akan menghasilkan TRUE, dan jika salah satu atau lebih argument salah maka akan menghasilkan FALSE.
Bentuk penulisan dari fungsi AND:
=AND(Logical1,Logical2,…)
Keterangan:
Logical1,logical2,… adalah kondisi yang akan diuji yang mengandung nilai logika sesuai dengan kriteria yang ditentukan pada data yang akan diuji, untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini:

Dari data pada ujian siswa pada sebuah SMP yang disajikan pada tabel di atas, anda ingin menampilkan dua kondisi yaitu siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan dengan “TERCAPAI” dan siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan dengan “TIDAK TERCAPAI” berdasarkan nilai rata-rata dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS (lihat tabel di atas), Nilai KKM minimal yang ditetapkan adalah 6 dan maksimalnya adalah 10, Pada kolom “KETERANGAN”, H4, ketik: =IF(AND(G4>6,G4<10,”TERCAPAI,”TIDAK TERCAPAI”)
Ingat!: Jumlah kurung buka dan kurung tutup harus sama
Lalu anda copy-paste rumus yang ada di cell H4 ke H5:H13, agar keterangan untuk semua murid ditampilkan. Maka hasil yang ditampilkan akan seperti ini:










2.      Fungsi Rumus OR
Fungsi Or adalah fungsi dimana apabila satu atau semua dari dua atau lebih kondisi ini BENAR maka akan memiliki nilai TRUE. Nilai akan FALSE apabila semua kondisi SALAH atau tidak ada satupun yang BENAR.
Contoh: =OR(B2>50;B3>100)
Contoh dalam penerapan rumus diatas
=IF(OR(B2>50;B3>100);”setidaknya satu BENAR”;”tidak ada

yangBENAR”)

 Pada gambar diatas bisa dilihat untuk Nilai 1 kedua nilai tidak memenuhi kondisi bahwa B1>50 dan B2>100 jadi hasilnya “tidak ada yang BENAR”. Sedangkan untuk Nilai 2 salah satu BENAR yaitu 150>100(B2>100) dan untuk Nilai 3 keduanya BENAR yaitu 60>50 dan 120>100.

3.         Fungsi Rumus Not
Fungsi Not adalah fungsi yang menyatakan apabila kondisi SALAH maka akan bernilai TRUE.
Contoh: =NOT(B1=25)
Contoh penerapan rumus: =IF(NOT(B1=25);”BENAR”;”COBA LAGI”)
 





Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH ASSESMENT PAUD KELOMPOK 11

MAKALAH KELOMPOK 5 METODE PENGANTAR KOMPUTER

KELOMPOK 11 ASSESMEN