MAKALAH ASSESMENT PAUD KELOMPOK 11

Penilaian Kelas Dan Pelaporan Perkembangan 
Anak Usia Dini 





Mata Kuliah Asesmen PAUD
Oleh 
Kelompok 11

Nama Nim
        Mirnawati           2015.02.019
        Septi Oktarina         2015.02.031


DOSEN PENGAMPU : Muharahman, M.Pd.I



PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIAH
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN 2018




BAB I
PENDAHULUAN

Later Belakang
Penilaian merupakan komponen penting dalam penyelenggarakan pendidikan. Dalam penilaian terdapat system penilaian dan kualitas pembelajaran. sistem pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas yang baik. sistem penilaian yang baik akan mendorong para pendidik untuk menentukan strategi mengajar yang baik dalam memotivasi peserta didik yang lebih baik .perkembangan anak usia dini merupakan perkembangan usia emas yang sangat memiliki makna bagi kehidupannya kelak. Jika usia emas itu di optimalkan pertumbuhannya melalui pendidikan yang tepat. Perkembangan kemampuan dasar anak juga penting untuk diperhatikan karena anak usia dini masih dalam pertumbuhan dan perkembangan. pendidikan di indonesia masih rendah bahkan masih jauh di bandingkan dengan Negara lain. Dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini guru senanatiasa memperhatikan karakter anak.

Rumusan Masalah
Apa maksud penilaian didalam kelas?
Bagaimana pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK?

Tujuan 
Untuk Mengetahui Bagaimana penilaian didalam kelas
Untuk Mengetahui pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK




BAB II
PEMBAHASAN
Penilaian kelas
Pengertian Penilaian kelas Asesmen  kelas merupakan suatu pendekatan yang dirancang untuk menolong pendidik dalam memahami, apakah peserta didik belajar selama proses pembelajaran berlangsung, dan bagaimana mereka sebaiknya mempelajarinya.
Penilaian di TK merupakan usaha mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan belajar. Penilaian ini juga merupakan upaya untuk mendapatkan informasi atau data secara menyeluruh yang menyangkut semua aspek kepribadian anak terhadap proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai melalui proses pembelajaran, meliputi perkembangan fisik-motorik, sosial, emosi, kognitif dan nilai – nilai lain serta seni.

Tujuan Penilaian Yang Dilakukan di TK adalah:
Untuk mengetahui kegiatan anak TK dalam melaksanakan proses belajar dalam kurikulum
Untuk merangsang kegiatan anak TK dalamnmelaksanakan proses belajarmengajar
Untuk mencari keberhasilannatau tidak berhasil dalam proses belajar
Untuk memperoleh informasi apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan anak
Untuk memperoleh masukan tentang kekuatan dannkelemahan dari suatu kegiatan belajar sehingga dapat digunakan untuk merencanakan kegiatan belajar berikutnya
Untuk mendapatkan gambaran tentang pola dan gaya interaksi anak dengan orang lain
Untuk mendapatkan gambaran tentang berbagai kebiasaan baik yang positif maupun negative pada diri anak serta hal- hal yang disukai maupun yang tidak disukai anak
Untuk memberikan informasi kepada orang tua dan pihak – pihak tertentu lainnya secara periodic yang berhubungan dengan kemajuan belajar anak dan kendala yang mungkin terjadi

Teknik-Teknik Evaluasi/ Penilaian PAUD
Pengamatan atau observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan lembar observasi, catatan menyeluruh atau jurnal, dan rubrik.
Percakapan merupakan teknik penilaian yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun bebas.
Penugasan merupakan teknik penilaian berupa pemberian tugas yang akan dikerjakan anak dalam waktu tertentu baik secara individu maupun kelompok baik secara mandiri maupun didampingi.
Unjuk kerja adalah teknik penilaian yang melibatkan anak dalam bentuk pelaksanaan suatu aktivitas yang dapat diamati.
Penilaian hasil karya merupakan teknik penilaian dengan melihat produk yang dihasilkan oleh anak setelah melakukan suatu kegiatan.
Pencatatan anekdot adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan mencatat sikap dan perilaku khusus pada anak ketika suatu peristiwa terjadi secara tiba-tiba/insidental baik positif maupun negatif.
Portofolio merupakan kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara berkesinambungan atau catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Pelaporan Perkembangan Anak 
Pengertian Laporan Perkembangan 
Pelaporan perkembangan merupakan refleksi dari apa yang diketahui tentang perkembangan anak, membuat keputusan, menentukan tujuan dan berbagai informasi tentang anak kepada orang tua maupun pihak administrasi lain. Pelaporan disampaikan oleh guru kepada orang tua dalam bentuk deskripsi singkat tentang perkembangan anak yang meliputi enam aspek perkembangan, yaitu perkembangan perilaku dan moral agama, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik, perkembangan seni dan perkembangan sosial emosional.
Fungsi Pelaporan 
Untuk merencanakan program pendidikan secara keseluruhan maupun untuk kepentingan masing-masing anak 
Menyampaikan kemajuan perkembangan dan belajar anak secara berkesinambungan dan sistematis 
Orang tua dapat memperoleh penjelasan mengenai anaknya selama anak mengikuti pendidikan di Taman Kanak-kanak 
Sebagai bahan masukan untuk dipertimbangkan dalam memperbaiki dan menyempurnakan program kegiatan pembelajaran dan kurikulum 
Menentukan langkah dan kebijakan serta pengambilan keputusan terhadap anak guna membantu meningkatkan perkembangan anak selanjutnya secara optimal. 
Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobjektif mungkin sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua/wali atau bagi yang berkepentingan dalam bentuk laporan perkembangan anak didik TK.
Berdasarkan hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester, maka pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK mengikuti sebagai berikut:
Uraian perkembangan secara umum
Uraian pengembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan
Uraian perkembangan kemampuan anak yang masih perlu di tingkatkan pada aspek perkembangan anak.
Laporan perkembangan anak didik TK selanjutnya dilaporkan oleh kepala/guru TK secara lisan dan tertulis. Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak TK dan orang tua/wali. Hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya menjaga kerahasiaan data atau informasi, artinya bahwa data atau informasi tentang anak didik hanya diinformasikan dan dibicarakan dengan orang tua/wali anak didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan selanjutnya.
Adapun contoh laporan perkembangan anak sebagai berikut:















BAB III
PENUTUP
Kesimpulan 
Asesmen  kelas merupakan suatu pendekatan yang dirancang untuk menolong pendidik dalam memahami, apakah peserta didik belajar selama proses pembelajaran berlangsung, dan bagaimana mereka sebaiknya mempelajarinya
Berdasarkan hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester, maka pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK mengikuti sebagai berikut:
Uraian perkembangan secara umum
Uraian pengembangan kemampuan anak yang m enonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan
Uraian perkembangan kemampuan anak yang masih perlu di tingkatkan pada aspek perkembangan anak.
Saran 
Penulisan makalah ini belumlah sempurna dan apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan kiranya ada perbaikan serta bimbingan dari dosen.












DAFTAR PUSTAKA

Al-Tabany Trianto Ibnu Badar. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. (Jakarta: Kencana) 
Yusuf Muri. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Kencana)
http://ejournal.stitqi.ac.id/index.php/itibar/article/download/PELAKSANAAN-PENILAIAN-KELAS-DAN-PELAPORANNYA-DI-RAUDHATUL-ATHFAL-AR-RAHMAH-PAPRINGAN-YOGYAKARTA/40/ 
https://www.paud.id/2015/09/cara-penilaian-perkembangan-anak-paud.html diaskses pada tanggal 2 Desember 2018 pukul 17:25







Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KELOMPOK 5 METODE PENGANTAR KOMPUTER

KELOMPOK 11 ASSESMEN