KELOMPOK 11 ASSESMEN
Penilaian Kelas Dan
Pelaporan Perkembangan
Anak Usia Dini
Mata
Kuliah Asesmen
PAUD
Oleh
Kelompok 11
Nama Nim
Mirnawati 2015.02.019
Septi
Oktarina 2015.02.031
DOSEN
PENGAMPU : Muharahman, M.Pd.I
PENDIDIKAN
ISLAM ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
AL-QUR’AN AL-ITTIFAQIAH
INDRALAYA
OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN 2018
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Later Belakang
Penilaian merupakan komponen penting
dalam penyelenggarakan pendidikan. Dalam penilaian terdapat system penilaian
dan kualitas pembelajaran. sistem pembelajaran yang baik akan menghasilkan
kualitas yang baik. sistem penilaian yang baik akan mendorong para pendidik
untuk menentukan strategi mengajar yang baik dalam memotivasi peserta didik
yang lebih baik .perkembangan anak usia dini merupakan perkembangan usia emas
yang sangat memiliki makna bagi kehidupannya kelak. Jika usia emas itu di
optimalkan pertumbuhannya melalui pendidikan yang tepat. Perkembangan kemampuan
dasar anak juga penting untuk diperhatikan karena anak usia dini masih dalam
pertumbuhan dan perkembangan. pendidikan di indonesia masih rendah bahkan masih
jauh di bandingkan dengan Negara lain. Dalam evaluasi pembelajaran anak usia
dini guru senanatiasa memperhatikan karakter anak.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa
maksud penilaian didalam kelas?
2. Bagaimana
pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK?
C. Tujuan
1.
Untuk Mengetahui Bagaimana
penilaian didalam kelas
2.
Untuk Mengetahui pola
pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Penilaian
kelas
1.
Pengertian Penilaian kelas Asesmen kelas merupakan suatu pendekatan yang
dirancang untuk menolong pendidik dalam memahami, apakah peserta didik belajar
selama proses pembelajaran berlangsung, dan bagaimana mereka sebaiknya mempelajarinya[1].
Penilaian
di TK merupakan usaha mendapatkan berbagai informasi secara berkala,
berkesinambungan serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan
perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan belajar. Penilaian
ini juga merupakan upaya untuk mendapatkan informasi atau data secara
menyeluruh yang menyangkut semua aspek kepribadian anak terhadap proses dan
hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai melalui proses
pembelajaran, meliputi perkembangan fisik-motorik, sosial, emosi, kognitif dan
nilai – nilai lain serta seni.
2.
Tujuan Penilaian Yang Dilakukan di
TK adalah:
a.
Untuk mengetahui
kegiatan anak TK dalam melaksanakan proses belajar dalam kurikulum
b.
Untuk merangsang
kegiatan anak TK dalamnmelaksanakan proses belajarmengajar
c.
Untuk mencari
keberhasilannatau tidak berhasil dalam proses belajar
d.
Untuk memperoleh
informasi apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan anak
e.
Untuk memperoleh
masukan tentang kekuatan dannkelemahan dari suatu kegiatan belajar sehingga
dapat digunakan untuk merencanakan kegiatan belajar berikutnya
f.
Untuk mendapatkan
gambaran tentang pola dan gaya interaksi anak dengan orang lain
g.
Untuk mendapatkan
gambaran tentang berbagai kebiasaan baik yang positif maupun negative pada diri
anak serta hal- hal yang disukai maupun yang tidak disukai anak
h.
Untuk memberikan
informasi kepada orang tua dan pihak – pihak tertentu lainnya secara periodic
yang berhubungan dengan kemajuan belajar anak dan kendala yang mungkin terjadi
3. Teknik-Teknik
Evaluasi/ Penilaian PAUD
a.
Pengamatan atau
observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan selama kegiatan
pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
lembar observasi, catatan menyeluruh atau jurnal, dan rubrik.
b.
Percakapan merupakan
teknik penilaian yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun
bebas.
c.
Penugasan merupakan
teknik penilaian berupa pemberian tugas yang akan dikerjakan anak dalam waktu
tertentu baik secara individu maupun kelompok baik secara mandiri maupun
didampingi.
d.
Unjuk kerja adalah
teknik penilaian yang melibatkan anak dalam bentuk pelaksanaan suatu aktivitas
yang dapat diamati.
e.
Penilaian hasil karya
merupakan teknik penilaian dengan melihat produk yang dihasilkan oleh anak
setelah melakukan suatu kegiatan.
f.
Pencatatan anekdot
adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan mencatat sikap dan perilaku
khusus pada anak ketika suatu peristiwa terjadi secara tiba-tiba/insidental
baik positif maupun negatif.
g.
Portofolio merupakan kumpulan
atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara berkesinambungan atau
catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak
sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan[2].
B.
Pelaporan
Perkembangan Anak
1. Pengertian
Laporan Perkembangan
Pelaporan perkembangan merupakan
refleksi dari apa yang diketahui tentang perkembangan anak, membuat keputusan,
menentukan tujuan dan berbagai informasi tentang anak kepada orang tua maupun
pihak administrasi lain. Pelaporan disampaikan oleh guru kepada orang tua dalam
bentuk deskripsi singkat tentang perkembangan anak yang meliputi enam aspek
perkembangan, yaitu perkembangan perilaku dan moral agama, perkembangan
kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik, perkembangan seni
dan perkembangan sosial emosional.
2. Fungsi
Pelaporan
a. Untuk
merencanakan program pendidikan secara keseluruhan maupun untuk kepentingan
masing-masing anak
b. Menyampaikan
kemajuan perkembangan dan belajar anak secara berkesinambungan dan sistematis
c. Orang
tua dapat memperoleh penjelasan mengenai anaknya selama anak mengikuti
pendidikan di Taman Kanak-kanak
d. Sebagai
bahan masukan untuk dipertimbangkan dalam memperbaiki dan menyempurnakan
program kegiatan pembelajaran dan kurikulum
e. Menentukan
langkah dan kebijakan serta pengambilan keputusan terhadap anak guna membantu
meningkatkan perkembangan anak selanjutnya secara optimal[3].
Uraian
(deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobjektif mungkin sehingga tidak menimbulkan
persepsi yang salah bagi orang tua/wali atau bagi yang berkepentingan dalam
bentuk laporan perkembangan anak didik TK.
Berdasarkan
hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester, maka pola
pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK mengikuti
sebagai berikut:
a. Uraian
perkembangan secara umum
b. Uraian
pengembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek
perkembangan
c. Uraian
perkembangan kemampuan anak yang masih perlu di tingkatkan pada aspek
perkembangan anak.
Laporan
perkembangan anak didik TK selanjutnya dilaporkan oleh kepala/guru TK secara
lisan dan tertulis. Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka
serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak TK
dan orang tua/wali. Hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan kegiatan ini
hendaknya menjaga kerahasiaan data atau informasi, artinya bahwa data atau
informasi tentang anak didik hanya diinformasikan dan dibicarakan dengan orang
tua/wali anak didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan
selanjutnya[4].
Adapun contoh
laporan perkembangan anak sebagai berikut:
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Asesmen kelas merupakan suatu pendekatan yang
dirancang untuk menolong pendidik dalam memahami, apakah peserta didik belajar
selama proses pembelajaran berlangsung, dan bagaimana mereka sebaiknya
mempelajarinya
2. Berdasarkan
hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester, maka pola
pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK mengikuti
sebagai berikut:
a. Uraian
perkembangan secara umum
b. Uraian
pengembangan kemampuan anak yang m enonjol atau lebih pada semua aspek
perkembangan
c. Uraian
perkembangan kemampuan anak yang masih perlu di tingkatkan pada aspek
perkembangan anak.
B.
Saran
Penulisan
makalah ini belumlah sempurna dan apabila dalam penulisan makalah ini terdapat
kesalahan kiranya ada perbaikan serta bimbingan dari dosen.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany
Trianto Ibnu Badar. 2011. Desain
Pengembangan Pembelajaran Tematik. (Jakarta: Kencana)
Yusuf
Muri. 2015. Asesmen Dan Evaluasi
Pendidikan. (Jakarta: Kencana)
[1] Muri Yusuf, Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan,
(Jakarta: Kencana, 2015), hlm 167
[2]https://www.paud.id/2015/09/cara-penilaian-perkembangan-anak-paud.html
diaskses pada tanggal 2 Desember 2018 pukul 17:25
[3]http://ejournal.stitqi.ac.id/index.php/itibar/article/download/PELAKSANAAN-PENILAIAN-KELAS-DAN-PELAPORANNYA-DI-RAUDHATUL-ATHFAL-AR-RAHMAH-PAPRINGAN-YOGYAKARTA/40/ diakses
pada tanggal 10 Desember 2018 pukul 15:14
[4]Trianto Ibnu Badar
Al-Tabany, Desain Pengembangan
Pembelajaran Tematik, (Jakarta: Kencana, 2011), hlm 321
Comments
Post a Comment