KELOMPOK 5 PENGANTAR KOMPUTER


OFFICE BUTTON DAN INSERT TABLE

 
Tugas Mata Kuliah Metode Pengantar Komputer
Oleh kelompok 5
      Nama                         Nim
      Arni                          2015.02.004
      Diana Nida Ulhaq   2015.02.0
      Mirnawati                2015.02.019

Dosen Pengampu : Ferry Haryadi, S.Pd.I

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QURAN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN AJARAN 2018

A.    Office Button
Apabila office button diklik, maka muncul menu yang berfungsi untuk mempercepat proses pekerjaan kita. Menu-menu yang terdapat di office button diantaranya sebagai berikut:

1.      New
“Berfungsi untuk membuat sebuah dokumen baru atau menggunakan template”
2.      Open
“Berfungsi untuk membuka lembar dokumen yang telah disimpan (save) atau membuka berbagai jenis dokumen teks yang didukung oleh word 2007”
3.      Save
“Berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat”
4.      Save as
“Berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah kita buat terlebih dulu dengan nama yang lain *.docx, misalnya *.rtf dan *.xml. hal itu bertujuan untuk menggandakan dokumen, sehingga isi file aslinya tetap terjaga”                                                                                                                                                                                                                                         
5.      Print
“Berfungsi untuk mencetak dokumen melaui printer”
6.      Prepare
“Digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif”
7.      Send
“Digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email/faksimile”
8.      Publish
“Berfungsi untuk mempublikasikan dokumen yang sedang terbuka ke dalam berbagai media, seperti blog di internet dan dokumen workspace di jaringan komputer lokal”
9.      Close
“Berfungsi untuk menutup dokumen yang sedang dibuka di jendela word 2007”
10.  Word Options
“Berfungsi menampilkan jendela untuk mengatur opsi word 2007”
11.  Exit Word
“Berfungsi untuk menutup program word 2007”

B.     Tabel
Untuk pembuatan tabel pada microsoft word dapat kita lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.        Klik menu insert, lalu klik tabel
2.        Klik tabel maka akan tampil gambar:
3.        Pada number of columns, isi jumlah kolom yang diinginkan misalnya 6
4.        Pada number of rows, isi jumlah baris yang diinginkan misalnya 6
5.        Lalu klik ok
6.        Tentukan lebar dan kecil kolam tabel sesuai kebutuhan yang diinginkan 

Contoh tabel:
DAFTAR PENJUAL BARANG
TOKO ADITYA PERKASA
No
Nama Barang
Jumlah Unit
Harga Perunit
Total
1
Monitor
30
Rp.      300.000,00

2
Cpu p4
50
Rp.   2.000.000,00

3
Mouse
75
Rp.        25.000,00

4
Keyboard
15
Rp.        35.000,00

Jumlah nilai penjualan


Penjualan tertinggi


Penjualan terendah


Rata-rata penjualan


Cara membuat dan mengedit table:
1.      Klik insert, klik tabel, insert table, number of columns (kesamping), number of rows (kebawah) lalu ok.
2.      setelah selesai mengetik, kemudian edit tulisan tersebut
3.      blok 5 kolom kesamping bagian nomor, nama dts, klik kanan lalu pilih cell alignment, hurufnya akan berubah secara otomatis, begitupun sebaliknya.
4.      blok baris yang ke-5, sebanyak 3 kolom kesamping, lalu klik kanan pilih marge cells
5.      rata kiri/kanan/ketengah

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH ASSESMENT PAUD KELOMPOK 11

MAKALAH KELOMPOK 5 METODE PENGANTAR KOMPUTER

KELOMPOK 11 ASSESMEN